Where do you come from fans ? : FALILV English FALILV Japanese FALILV Korean FALILV Taiwan FALILV Russian FALILV Brazil FALILV India FALILV Spain

Sabtu, 11 Oktober 2014

Tips Membuat Lagu Sederhana di FL Studio


Pesan : Untuk menghargai si penulis tolong di klik iklannya di sebelah kanan 1x saja ^_^
 
Siapa bilang membuat musik itu harus menggunakan alat musik asli ? Siapa bilang tidak mempunyai alat musik bukan berarti tidak bisa bermain musik ? semua bisa terjadi di FL Studio tentang musik, akan tetapi hanya lebih nyaman bila menggunakan alat musik asli. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share tips untuk kalian agar mudah memahami/memakai aplikasi FL Studio ini. Dulu saya tidak bisa sama sekali menggunakan aplikasi ini, kebingungan dengan beberapa tombol yang begitu banyak nya, serta tidak ada seorang guru yang bisa mengajari saya. Akan tetapi, semua bisa teratasi dengan bantuan Google. Dan akhirnya mungkin sampai saat ini paling tidak saya sudah memahami dan bisa menggunakan aplikasi ini walaupun masih banyak juga yang kurang di mengerti. Seperti gambar di atas, saya sudah membuat beberapa project seperti cover, remix, membuat lagu trance, akan tetapi saya belum bisa membuat 1 lagu seperti yang saya inginkan dimana lagu nya memiliki : Gitar, Bass, Drum, Synth, Vocal, dll, karena beluim sempat dan saya belum punya banyak waktu untuk mengerjakan hal tersebut.

Kalian sudah tau apa itu FL Studio ? kalau sudah tahu skip saja penjelasan FL Studio yang akan saya jelaskan sekarang, dan bagi yang belum tahu FL Studio itu apa, saya akan kasih tau deh sedikit penjelasan nya, dan untuk selebihnya kalian bisa cari sendiri di Google. FL Studio adalah aplikasi yang diproduksi oleh Image-Line dimana aplikasi ini sangat berguna bagi produser - produser, beatmaker (pembuat musik), pengguna biasa, dan sebagainya untuk mengolah suatu nada - nada dan irama untuk menjadikannya sebuah hasil karya musik baik itu untuk musik pribadi atau musik band. Dengan kemudahan nya untuk menggunakan aplikasi ini, tidak sedikit juga peminat/pemakai yang menggunakan aplikasi ini. Maka dari itu, saya akan share tips untuk kalian apa saja yang saya alami selama bertahun - tahun memahami FL Studio ini, dari awal saya mengenal sampai sekarang ini. Dan tentunya kalian harus punya aplikasinya dahulu, yang saya tahu sekarang sudah sampai versi 11 (FL Studio 11).

Jika anda malas mempraktekannya sekarang, coba anda save dahulu, coba anda salin dahulu artikel ini, siapa tahu berguna di kemudian hari. Inilah tipsnya :

1. Emosi pada diri anda sendiri dan pikirkan sebuah Ide
Saya sarankan jika kalian ingin memulai membuat sebuah musik, emosi kalian harus tenang/relax. Karena suatu emosi pada anda sendiri pasti menentukan semua pada akhirnya. Sudah merasa relax pikirkan sebuah Ide terlebih dahulu, salah satu ide akan muncul di dalam diri kalian sendiri. Misalnya disini kalian sudah membuat suatu lyric, coba buat nada terlebih dahulu untuk vocal nya, nyanyi kan berulang - ulang lyric yang anda buat sampai sudah pas. Ini berguna untuk kedepannya sebelum di aplikasikan ke FL Studio dan menggabungkannya dengan Instrument lain.

2. Tentukan Beats, BPM (Beats Per Minute)
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, buat nada terlebih dahulu untuk lyric yang anda buat dan jika merasa sudah pas tentukan BPM nya. Jika masih bingung BPM adalah sebuah ketukan drum untuk mengatur kecepatan sebuah lagu. Jika anda masih bingung untuk menggunakan BPM di FL Studio, coba terlebih dahulu menggunakan tangan. Sesuaikan nada lyric yang anda buat dengan ketukan tangan anda, ini adalah cara yang paling mudah untuk kalian jika kalian masih bingung menentukan BPM di FL Studio. Di FL Studio terdapat tombol untuk pengaturan BPM/Tempo. Pada awalnya tempo awal bawaan di FL Studio 130.00 BPM Standar kecepatan untuk sebuah lagu.

3. Seringlah mendengar lagu yang anda sukai
Dengan sering nya kalian mendengarkan lagu yang kalian sukai, kalian akan menemukan beberapa ide untuk membuat lagu seperti lagu yang kalian sukai, entah itu lagu pop, hip hop, dubstep, dan lain - lain. Karena dari mendengarkan, kita sudah save beberapa nada dan irama kedalam otak kita, sehingga ketika kita menentukan nada untuk sebuah lagu yang kita buat, otomatis otak kita akan memproses dan mengolah supaya apa yang kita buat itu cocok nada nya dengarn instrument lain.

4. Analisa kembali musik yang akan kita buat
Tidak usah merasa lega jika beberapa nada dan irama sudah anda dapatkan, analisa kembali dengan menyesuaikan ketukan drum apakah sudah pantas dengan apa yang kita inginkan ?

5. Miliki Personal Computer yang Spesifikasi nya tidak dibawah standar
Sebelum kita mengaplikasikan nya ke FL Studio, kita harus memiliki sebuah personal computer yang spesifikasinya tidak terlalu rendah, minimal saya sarankan Pentium Dual Core, Hardisk 320GB, RAM 1GB, VGA 128MB, itu sudah cukup menurut saya untuk bisa memakai aplikasi ini di komputer kalian.

6. Sudah siap FL Studio
Tips di atas sudah selesai ? kalian bisa langsung memulai FL Studio nya. Saya sarankan beli lah Software nya karena agar lebih mantap untuk anda pakai dan semua fitur nya akan terasa memuaskan . Saya sendiri sih tidak original karena tidak punya uang :p.

7. Kenali dahulu beberapa tombol yang terpenting seperti : Track Area, Pattern, Piano Roll, Browser, dan Mixer.
  • Track Area : tombol yang berfungsi untuk menampilkan layar Track Area yang fungsinya untuk mengolah beberapa suara, entah itu mp3 atau nada yang anda buat di Piano Roll atau juga beberapa suara seperti FX yang ada di Browser.
  • Pattern : tombol yang berfungsi untuk menampilkan beberapa Channel, baik itu channel sebuah suara, alat musik, automation, atau sebuah layer kosong. Anda bisa membuat beberapa Pattern sesuai selera masing - masing.
  • Piano Roll : tombol yang berfungsi untuk menampilkan halaman beberapa tangga nada, anda disini bisa mengolah sebuah nada dari beberapa alat musik yang sudah anda masukan kedalam Pattern. Di dalam piano roll ini banyak sekali settingan yang harus di pelajari lagi seperti mengatur tempo, velocity, teknik membuat strum, dan masih banyak lagi.
  • Browser : yang di maksudkan browser disini bukan browser seperti yang kita gunakan untuk surfing internet, akan tetapi surfing beberapa Sound, semua suara yang ada di package FL Studio anda akan ditampilkan di halaman browser ini. Jika anda mendownload sebuah package yang isinya Sound, seperti sebuah samples anda bisa menggunakan nya hanya dengan men-drag kedalam Track Area.
  • Mixer : sebuah tombol yang fungsinya untuk menampilkan halaman Mixer dimana beberapa Channel nanti akan di masukan kesini. Anda bisa menambahkan beberapa efek penting sesuai selera, entah itu memakai VST yang sudah ada di dalam FL, maupun VST Sendiri yang Free/Premium bisa anda gunakan disini. Pengaturan Volume serta posisi suara juga sangat penting disini.

8. Unduh lah beberapa alat musik Virtual (VST)
Nada lyric/vocal sudah anda miliki, saatnya membuat nada untuk instrument lain. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya untuk mengolah beberapa nada dengan masing - masing channel instrument kita harus menggunakan Piano Roll. Unduhlah VST Gratisan/Berbayar seperti Gitar, Bass, Drum, Piano, dan lain - lain. Jika sudah kita buat channel instrument nya, kita tinggal mengolah nada nya di Piano Roll dengan menyesuaikan lyric/vocal yang anda buat tadi. Saya sarankan buat terlebih dahulu ketukan drum nya agar lebih mudah untuk instrument lain nya nanti.

9. Record suara vocal kalian
Di FL Studio semua tentang musik bisa kita lakukan, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Jika semua sudah selesai kalian membuat suatu Instrument, kini saat nya anda untuk take vocal/mengambil suara vocal. Di FL Studio ini terdapat sebuah Driver ASIO4ALL yang sudah terinstall otomatis oleh FL Studio, dan jika kalian tidak mempunyai ASIO4ALL ini kalian bisa mendownload nya secara gratis di website resmi nya. Beli lah sebuah Microphone di toko terdekat , entah itu mau microphone yang dari headset atau micrphone biasa. Saya sarankan microphone biasa agar suara jernih tidak ada noise juga serta nyaman untuk take vocal. Untuk Output nya kalian bisa menggunakan speaker biasa. Di Mixer terdapat sebuah VST bawaan FL itu sendiri yang bernama Edison. Edison mempunyai banyak fungsi untuk pengolahan suara, salah satunya untuk rekaman juga. Nah kalian rekaman menggunakan Edison pada sesi ini.

10. Upload music kalian lalu share ke social media
Kalian sudah membuat suatu karya musik kalian sendiri dengan hanya bermodalkan suatu PC dengan aplikasi FL Studio dan mestinya kalian bangga karena kalian sudah seperti musisi bisa membuat musik sendiri. Upload lah musik kalian untuk mengapresiasikan karya kalian seperti Soundcloud, 4Shared, dan lain - lain. Kalo saya biasa sih upload ke Soundcloud karena nyaman aja akan tetapi di soundcloud kita hanya di batas untuk upload hanya beberapa lagu. Jika sudah di upload share lah ke social media lainnya seperti facebook, twitter, dan lain - lain, karena dengan kita share karya kita mungkin ada beberapa orang di luar sana menyukai musik kalian , terus kalian jadi musisi sungguhan deh :P.

Oke cuman segitu tips saya dengan pengalaman saya sendiri, mohon di maafkan jika banyak kesalahan dan mohon maaf juga tidak memakai gambar yang jelas di karenakan akan melanggar hak cipta untuk suatu iklan yang tampil. Ssemoga kalian terus berkarya dan banyak ide yang keluar dari diri kalian. Saya juga masih banyak yang harus dipelajari hanya saja waktu selalu padat dan susah untuk meluangkan/melanjutkan beberapa pengetahuan yang belum saya ketahui.


-------------------------------------------
My Soundcloud Channel : Soundcloud
My Youtube Channel : Youtube
 -------------------------------------------

Di Tulis Oleh : Bang Dam

0 komentar:

Posting Komentar

Let me hear your voice fans !